Mengenali Karakteristik Produk Properti Sebagai Investasi

Banyak produk properti seperti lahan, rumah, gedung dan lain-lain yang ditawarkan sebagai bentuk investasi. Sebagai bentuk investasi, produk properti memiliki katakteristik/ sifat sendiri yang membedakannya dari bentuk investasi yang lain. Karakter produk properti akan menentukan cara pengelolaan yang akan dilakukan. Produk properti bersifat Immobility (tidak bergerak), sehingga nilanya sangat dipengaruhi oleh lokasi dimana dia berada. Saat produk properti berpindah kepemilikan, bukan fisiknya yang berpindah tapi pemegang hak pemanfaatnnya yang berganti. Produk properti juga bersifat Heterogenity (keanekaragaman), masing-masing objek tidak memiliki standard produk yang sifat heterogeneity, membuat produk properti punya rentang variasi harga yang luas. Untuk jual beli nilai pasar yang wajar sifat produk properti yang lain adalah Durability (tahan lama), memiliki masa kadaluwarsa objek sangat lama. Sifat produk properti yang memiliki masa kadaluwarsa sangat lama, menjadikannya banyak dipilih sebagai bentuk investasi jangka panjang. Produk properti juga bersifat Indivisbility (dapat dibagi), bisa dipecah menjadi bagian yang lebih. Sifat produk properti yang dapat dibagi/dipecah memungkinkannya memiliki nilai yang semakin mahal .

Sifat produk properti juga bersifat Legal Complexity (terkait masalah hukum) sangat dipengaruhi oleh hukum dimana tempatnya berada. Kepastian hukum produk properti diutamakan mengenai aspek kepemilikan, perijinan dan perpajakan. Dengan mengenali sifat/karakter produk properti akan semakin tahu bagaimana mengelola investasi properti secara efektif. Investasi properti sebenarnya tidak terbatas produk properti seperti rumah saja, tapi bisa juga sebagai penyedia produk properti. Berinvestasi sebagai penyedia produk properti sesuai dengan karakteristik properti yang menetap, beragam, bisa dipecah dan kepastian hukum. Tertarik untuk berinvestasi sebagai penyedia produk properti (developer), tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Ikuti terus artikel kami selanjutnya. Semoga bermanfaat

Bagaimana menjalankan Developer Properti?

Developer perumahan merupakan salah satu pilihan bentuk investasi di bidang properti. Bagusnya investasi sebagai developer properti ini, bisa dimulai dari skala kecil. Tidak harus langsung membuka berhektar-hektar. Kegiatan binis developer perumahan melibatkan unsur persediaan bahan baku, pengolahan, promosi, dan penjualan. Meskipun bisa dimulai skala kecil, tapi developer perumahan adalah  bisnis kompleks yang melibatkan banyak unsur kegiatan. Yang dimaksud dengan skala kecil adalah perumahan dengan jumlah 3-4 unit dalam satu lokasi. Mulai dengan empat unit rumah bisa menghantarkan menjadi developer besar, dengan puluhan kavling.

 Dengan membidik perumahan kecil, tidak ribet mengurus perijinan pengelolaan lokasi, cukup IMB saja. Dengan membidik perumahan kecil, tidak ribet mengurus perijinan pengelolaan lokasi, cukup IMB saja. Tiap daerah aturannya berbeda2. Biasanya > 4 kapling, harus memenuhi perijinan lokasi (site plan) & peruntukan lahan. Mulai dengan jumlah yg sedikit, belum perlu banyak kegiatan administrasi, sehingga bisa menghemat biaya operasional. Mulai jml unit sedikit, administrasi bisa ditangani sendiri, dan pekerjaan lapangan bersama tukang yang dipercaya. Memulai bisnis developer perumahan hrs ada lahan yg akan dibangun. Bisa milik sendiri, atau kerja sama dengan pihak lain. Lebih baik bila lahan yg dimiliki (milik sendiri atau kerjasama) dalam kondisi siap dibangun, sehingga hemat waktu & biaya. Setelah lahan sudah ada, berikunya adalah membuat desain site plan dan unit rumah.

 Desain rumahnya bagaimana? Sewa arsitek kan tidak murah? Browsing saja di internet atau mengkoleksi brosur perumahan yang memang laku keras. Pilih dan tentukan yg sesuai dengan lahan yg tersedia. Untuk gambar teknis cukup order kepada freelancer, banyak kok. Langkah berikutnya adalah memasarkan produk. Bisa dengan brosur, iklan di media massa, mailing list, atau social media . Harus dipersiapkan pula perjanjian perikatan dengan pembeli / konsumen, sebagai perjanjian kesepakatan dengan konsumen. Selanjutnya adalah membangun rumah yang sudah dibeli konsumen. Biaya untuk membangun rumah bagaiman? Uniknya bidang property, banyak pihak yang bersedia memberikan pembiayaan untuk proyek property. Yang perlu disiapkan adalah kelengkapan legalitas (Sertifikat pecah, IMB) untuk mengajukan kerja sama pembiayaan KPR dari bank. Pada kondisi ini, perumahan sekala kecil sudan bias dipasarkan dengan leluasa. Syukur apabila konsumen membeli dengan cash keras. Kalau melalui KPR-pin konsumen bisa dilayani. Dalam perjanjian jual beli dengan konsumen, sebaiknya harus teliti dan lengkap mencakup hak dan kewajiban masing-masing. Pada tahap pembangunan, konsumen menjadi sangat teliti dan rewel. Perjanjian yang lengkap bisa mengatasi hal ini. Saat penyerahan rumah kepada konsumen, disertakan juga legalitasnya (Akta jual beli di notaris, sertifikat dan IMB). Sekilas tentang menjalankan developer property.

Selamat memulai bisnis menguntungkan ini. Semoga bermanfaat.

Bagaimana Sukses Investasi Bisnis Properti

Banyaknya ulasan investasi properti yang menguntungkan membuat banyak pihak yang tertarik membuka investasi bisnis properti . Banyak cara untuk membuka investasi bisnis properti, bisa otodidak atau gabung bersama pihak yang sudah memiliki nama besar. Memulai investasi bisnis properti bisa dengan membuka sendiri dengan cara trial ‘n error . Membuka investasi bisnis properti, bisa juga dengan bergabung ke pelaku bisnis properti yang sudah mapan dan punya nama besar. Banyak cara utk memulai menjalankan investasi bisnis properti. Tinggal passion-nya bagaimana? Seperti pada bisnis lainnya, dalam bisnis properti banyak pasang surut yang terjadi . Bagaimana mengelola dan menjalankan bisnis properti agar tetap bertahan dan menguntungkan? Buku “Kaya dari Properti” karya Budi Santosa, jelas mengulas rahasia sukses para kampiun dalam mengelola bisnis properti. Para kampiun properti memulai bisnis dengan konsep manfaat yang luas bagi sesama. Bukan hanya dari analisa keuangan saja.

Untuk bisa sukses di usaha properti, harus memiliki passion di dunia properti. Passion adalah awal dari sukses berbisnis. Pada saat awal membuka bisnis properti, harus memiliki visi jauh kedepan, misi yg jelas, & mau melepaskan ego sesaat.  Visi bisnis merupakan penunjuk arah untuk menjalankan bisnis dan menjaga semangat tetap membara. Meskipun jelas menguntungkan, berbisnis properti harus tetap bekerja keras & inovatif dalam membuat dan memasarkan produk.  Pebisnis properti harus bisa bermitra dengan siapa saja yang sejalan dengan visinya untuk bisa menjalankan misi secara menyenangkan. Bisnis properti adalah bisnis produk dan jasa, jadi kepuasan pelanggan sebagai hal yang utama. Kepuasan konsumen akan membuat bisnis bisa memilki umur yang panjang dan mampu bertahan pada saat yg sulit.

Pebisnis properti yg sukses memiliki prinsip kejujuran dan etika berbisnis yang sangat baik. Bisnis properti perlu memiliki tim manajemen yang efektif dan solid dengan mitra ahli dulu bidangnya. Bisnis properti adalah bisnis yang kompleks,sehingga harus mampu memahami kondisi didalam maupun diluar bisnis ( ekonomi & politik ) . Untuk memulai bisnis properti memang agak ribet, banyak yang harus diketahui, belum lagi tentang masalah teknis.

Terlalu lama belajar dan tidak segera action, menyebabkan perputaran nilai investasi akan terhambat . Mulai membuka bisnis sendiri dan berharap nilai investasi akan langsung berkembang, rasanya sulit dilakukan bagi pemula. Bagaimana caranya, agar nilai investasi bisa langsung berkembang, meskipun masih belajar berbisnis . Menggandeng mentor berpengalaman atau memakai system yg sudah teruji, akan menguntungkan utk memulai bisnis properti. Bersama mentor / sistem yg sdh teruji, perkembangan bisnis akan berbanding lurus dengan peningkatan nilai investasi. Sukses berbisnis tentu bukan hanya mencari profit semata, tetapi juga bertujuan agar bermanfaat lebih banyak.

Semoga bermanfaat

Berinvestasi Mudah dengan Rumah yang Dimiliki

2-Rumah-HAP1Salah satu bentuk investasi properti yang banyak dilakukan adalah dengan memiliki rumah untuk hunian.  Rumah hunian banyak dipilih sebagai investasi porperti, karena kemudahan dan manfaatnya yang besar . Pada saat ini mudah mencari rumah hunian, banyak yang menawarkan dengan berbagai keuntungan dan keunggulan . Mencari rumah hunian sebagai investasi properti, berbeda dengan mencari rumah untuk hunian saja , tentu tidak asal memilih rumah apabila ingin menjadikannya sebagai investasi property.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih rumah sebagai investasi properti yang baik. Memilih rumah sebagai investasi, harus memperhatikan benar mengenai lokasi tempat rumah berada. Selain sesuai fungsi peruntukan lahan, fasilitas yang ada di sekitar lokasi juga penting diperhatikan . Lokasi yg bagus utk rumah investasi, memiliki akses yg mudah terhadap fasilitas publik dan kegiatan ekonomi. Fasilitas publik (akses jalan,rumah sakit, sekolah,perbelanjaan tradisional/modern) jadi pertimbangan . Rumah sebagai tempat tinggal tentu memerlukan kondisi lingkungan yang kondusif, apalagi bila bertujuan untuk investasi pemilihan lokasi. Memilih lokasi rumah untuk investasi sangat penting juga memperhatikan lingkungan sekitar yang nyaman & aman bagi penghuni. Lingkungan kondusif untuk rumah investasi (aman, bebas banjir, meskipun ramai tapi tdk bising, bebas dari polutan, dsb). Rumah untuk investasi jangka panjang sangat perlu kepastian peruntukan lingkungan yang benar-benar sebagai lokasi hunian. Jangan sampai terjadi, rumah digusur atau lingkungan sekitar rumah berubah fungsinya dan tidak menguntungkan lagi. Memilih rumah untuk investasi, sebaiknya tidak memaksakan selera pribadi. Desain megikuti perkembangan selera pasar. Memilih rumah utk investasi, lebih fokus pd fungsi & kualitas bangunan rumah itu sendiri, agar mudah perwatan. Faktor penting lainnya untuk memilih rumah investasi adalah kepastian legalitas ( Sertifikat , IMB, fungsi lahan). Memilih rumah utk investasi, bisa dengan melihat track record pengembangnya. Bukan hanya jumlah lokasi tapi juga umurnya.

Semoga bermanfaat.

Memilih Investasi Produk Properti

Investasi adalah cara menyelamatkan penghasilan saat ini sekaligus bisa memberikan pemasukan berikutnya ( passive income ). Banyak pilihan untuk melakukan investasi, logam mulia, atau obligasi, atau produk properti. Investasi pada produk properti, umumnya adalah dengan membeli rumah. Padahal banyak produk properti lainnya yang bisa dipilih. Beberapa produk properti sebagai investasi, lahan, rumah, apartemen, atau gedung. Masing masing produk properti untuk investasi memiliki karakter sendiri-sendiri. Investasi properti dengan lahan adalah bentuk investasi properti paling sederhana. Memilih lahan untuk Investasi, tergantung apakah hanya akan menunggu kenaikan nilainya, atau akan dieksplorasi. Meningkatkan nilai lahan, bisa dengan merapikannya dan menjual lahan sebagai kavling atau membiarkannya saja . Eksplorasi lahan pada permukaan, adalah dengan memanfaatkannya sebagai perkebunan/pertanian. Eksplorasi lahan pada kedalaman adalah dengan mengambil material yang terdapat pada lahan (batu bara, tanah/batu,pasir,urugan dan lain-lain).

Investasi produk properti rumah adalah cara investasi strategis yang paling banyak dilakukan untuk investasi properti.  Investasi properti dengan rumah memang mudah, tetapi tentu saja tidak asal membeli rumah yang diinginkan. Membeli rumah untuk investasi harus mempertimbangkan banyak hal. Termasuk dalam investasi rumah ini adalah rumah tinggal, rumah toko/ruko, rumah kantor/rukan, atau kost-kostan. Poduk properti yang lain untuk investasi adalah apartemen, yang saat ini sedang marak dimana-mana. Apartemen saat ini merupakan bentuk investasi properti yang sedang booming, selain karena praktis juga menjadi gaya hidup. Bagi yang menyukai kepraktisan dan tingkat kesibukan yang tinggi, apartemen menjadi pilihan sebagai tempat hunian. Permintaan apartemen marak di daerah dengan tingkat mobilitas yang tinggi, seperti di kota besar salah satunya Yogyakarta. Produk properti lainnya yang layak sebagai investasi adalah gedung, baik multifungsi atau fungsi tunggal. Gedung dengan fungsi tunggal biasanya dipakai sebagai perkantoran, atau gedung parkir, atau gudang dan lain-lain.

Gedung dengan multifungsi, bisa dipergunakan untuk beberapa jenis kepentingan. Perkantoran, mall, hotel dan lain-lain. Ada satu lagi investasi pada properti yaitu berbisnis properti atau menjadi pengusaha properti.  Semua produk properti asal diklelola dengan benar akan bisa memberikan peningkatan nilai investasi yang menguntungkan. Cara paling simpel berbisnis properi adalah menjalankan usah developer perumahan . Mengapa? Bisnis developer perumahan, berarti menjalankan 3 bisnis properti sekaligus (Jual beli lahan, Marketing, Kontraktor ). Meskipun terlihat besar, menjalankan bisnis perumahan tidak harus memerlukan modal yang sangat besar. Bisnis developer perumahan bisa dimulai dengan 3 unit kavling untuk dibangun ( yang juga tidak harus milik sendiri ). Sulitnya memulai menjalankan bisnis developer perumahan bisa diatasi dengan belajar kepada mentor yang berpengalaman. Jadi berinvestasi properti bisa juga sebagai produsen produk properti (tidak melulu menjadi konsumen terlebih dahulu).

Sekian beberapa informasi tentang investasi properti. Selamat ber-investasi properti. Memilih sebagai konsumen dulu atau langsung sebagai pelaku . Semoga bermanfaat.

Tips Memanfaatkan Lahan Belakang Rumah

Kehadiran lahan untuk dijadikan taman belakang biasanya dianggap mengganggu dan kurang diminati oleh sebagian orang. Lahan tersebut biasanya dicor dan dijadikan kamar tambahan, dapur, atau tambahan ruangan lainnya. Akibatnya, sirkulasi udara dalam rumah menjadi kurang baik. Atau karena kurang diperhatikan, taman belakang dibiarkan sehingga banyak tumbuh tanaman liar atau ilalang. Dan pemandangan menjadi rusak karena taman yang terbengkalai tersebut & harus membutuhkan tenaga untuk merawatnya secara rutin. Tentunya hal itu sangat disayangkan  karena taman belakang dapat memberikan manfaat yang baik untuk kita. Apa saja sih Manfaat dari Taman Belakang itu ?? berikut ulasanya :

  1. Dapat membuat rumah terlihat lebih cantik dan sedap dipandang. Dengan tanaman bunga & berbagai aksesoris taman yg tertata pastinya akan membuat keseluruhan rumah jd lebih cantik .
  2. Rumah menjadi lebih sehat. Karna pepohonan yg ditanam akan memberi suplai oksigen yg menyegarkan & menyehatkan utk kita. Selain itu, tanaman yg ada dapat mengurangi debu masuk ke dalam rumah sehingga rumah menjadi lebih bersih dan sehat.
  3. Membuat udara rumah menjadi lebih sejuk. Karna kehadiran taman belakang menciptakan ruangan kosong dan membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih baik. Hasilnya rumah menjadi lebih sejuk dengan sirkulasi yang tepat, Andajuga akan merasa nyaman tanpa perlu menyalakan AC dalam rumah.
  4. Untuk tempat bersantai. Secara psikis, kehadiran taman dapat memberi kesegaran dan suasana santai. Bersantai di taman, memandangi taman yg indah & menghirup segarnya udara akan membantu menghilangkan kepenatan kita.
  5. Untuk barier suara bising Untuk Anda yang memiliki rumah membelakangi jalan besar yang cukup ramai, Taman dengan tanaman sedikit lebih tinggi berfungsi juga untuk menghalau suara bising. Walaupun mengetahui begitu banyaknya manfaat dari sebuah taman, namun karena kurangnya waktu. Taman belakang rumah menjadi bagian yang jarang bahkan tidak sempat kita perhatikan. Untuk membuat taman belakang yang cantik, gak sulit kok.

Alternatif membuat taman belakang, misalnya;

  1. Menutupi tanah dengan rumput. Warna hijau dari rumput yg baik akan menghasilkan kesan asri dari taman itu sendiri. Tambahkan juga dengan menanam beberapa pohon pada pojok taman. Penambahan aksesoris, seperti bebatuan atau batu alam, akan mempercantik taman tersebut.
  2. Membuat kebun. Anda dapat menanam beberapa tanaman yang dapat dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya tanaman seperti cabai, tomat, jeruk nipis dapat menjadi pilihan. Apalagi sekarang harga cabai sedang tinggi. Dengan pengaturan yg tepat, taman belakang menghasilkan pemandangan yg indah ditambah Anda memiliki kebun mini.
  3. Membuat kolam ikan. Membuat kolam ikan menjadi salah satu alternatif memanfaatkan taman belakang.  Dengan tambahan air terjun mini dapat menenangkan pikiran kita , karena suara gemericik yang dihasilkannya.
  4. Membuat kolam renang pribadi.

    Permalink gambar yang terpasang
    Anda dapat membuat kolam renang sebagai sarana olahraga atau dapat bersantai di pinggir kolam renang tersebut.  Taman yang indah akan membuat rumah  lebih nyaman dan segar. Jadi jangan telantarkan taman belakang, Walau sederhana, taman belakang bisa menjalankan fungsinya. Dan Anda akan merasakan manfaatnya.
    Demikain beberapa tips tentang memanfaatkan lahan belakang rumah. Semogga bermanfaat.

Cara Mendesain Dapur Minimalis Yang Cantik

Salah satu kendala utama dari rumah berukuran kecil atau minimalis adalah terbatasnya ruang untuk dapur. Padahal dapur merupakan tempat yang keberadaannya sangat penting bagi sebagian ibu rumah tangga. Karena Aktifitas yang dilakukan di tempat ini cukup tinggi tanpa kita sadari. Bagi sebagian orang Dapur yang luas tentunya lebih penting daripada ruang tamu yang luas. Namun bagi Anda  yang memiliki dapur berukuran mungil jangan berkecil hati. Berikut adalah beberapa tips yang perlu dipertimbangkan dalam mendesain dapur mungil minimalis:

  1. Desain dapur terbuka. Pilihlah dapur dengan desain dapur terbuka yang menyatu dengan ruang makan atau ruang lainnya. Desain seperti ini otomatis akan membuat dapur kecil tersebut terlihat lebih luas. Selain sesuai dengan konsep rumah modern minimalis, desain dapur terbuka juga membuat dapur lebih mudah diakses.
  2. Maksimalkan tinggi ruangan. Dengan area horizontal yang terbatas, maka kita harus bisa memanfaatkan ruang vertikal secara maksimal. Untuk lemari kabinet misalnya, Anda bisa mendesain lemari kabinet yang tinggi hingga mendekati langit-langit, Sehingga mampu menampung lebih banyak perabotan masak. Bagian atas dari lemari kabinet memang akan menjadi sulit dijangkau. Oleh karena itu, Tempatkan perabotan yang jarang di pakai di bagian yang lebih atas. Apabila memang dibutuhkan, Anda masih bisa mengambilnya dengan bantuan kursi.
  3. Manfaatkan ruang dinding yang tidak terpakai. Antara tempat cuci dan lemari kabinet di atasnya, biasanya ada ruang di dinding yang tidak terpakai. Biasanya bagi sebagian orang space ini tidak digunakan atau hanya diberi dekorasi / hiasan. Anda bisa memanfaatkan space di dinding ini untuk menggantung perabot-perabot yang sering dipakai. Langkah ini akan mengurangi isi lemari kabinet, sehingga bisa diisi dengan perabot lainnya.
  4. Buat rak dengan ukuran yang sesuai. Pada lemari kabinet di bagian atas maupun bagian bawah, Buatlah rak dengan ketinggian bervariasi yang disesuaikan dengan ukuran perabot yang akan disimpan. Dengan demikian, ruang di dalam lemari kabinet tersebut akan terisi dengan maksimal. Akan lebih baik lagi jika lemari kabinet tersebut dilengkapi dengan roller yang memudahkan kita mengambil dan menaruh barang.
  5. Kurangi kontras ruangan. Dapur mungil cenderung terlihat lebih kecil lagi jika ada terlalu banyak warna dan pattern dalam ruangan tersebut. Untuk mengatasinya, buatlah warna dinding yang menyatu atau mirip dengan warna kabinet, lantai dan furnitur lain yang ada. Warna yang disarankan adalah warna-warna yang terang, yang akan memberi efek luas. Dan warna yang tidak terlalu ramai juga sesuai dengan konsep dapur mungil yang minimalis.
  6. Perbanyak kaca. kaca memiliki sifat tembus pandang, sehingga mampu memberi efek luas pada ruangan. Anda bisa memilih lemari kabinet dengan pintu penutup dari kaca untuk menambah efek luas. Penambahan jendela dari kaca juga membantu ruang dapur menjadi lebih terang dan terlihat luas.
  7. Atur pencahayaan. Dapur mungil akan terlihat lebih luas dan lebih baik dengan pencahayaan yang bagus. Bila perlu, tempatkan lampu-lampu di berbagai sudut dapur sehingga tidak ada area yang tidak tersinari dengan baik. Selain memberi efek luas, pencahayaan yang baik juga membuat dapur terasa lebih nyaman dan bersih. Dengan efisiensi dan memaksimalkan ruang yang ada, Anda masih bisa membuat desain dapur mungil minimalis yang cantik. Meskipun fokus pada optimasi dan efisiensi ruangan, namun bukan berarti dapur kecil Anda akan menjadi seperti gudang. Karena penempatan perabot yang baik dan benar, serta desain dapur yang rapi akan membuat dapur mungil Anda terlihat cantik.

Demikian Tips Cara Mendesain Dapur  Minimalis Yang Cantik. Semoga bermanfaat. Salam #sobatGMG.

Tips Sehat Menggunakan Toilet Umum

Toilet umum merupakan fasilitas yang selalu dicari ketika sedang berada di kantor, mall atau tempat lainnya. Toilet umum memang terdengar menjijikkan bagi sebagian orang. Memang semua toilet tersebut terlihat bersih dan putih, tapi tahukah anda bahwa banyak kuman bersarang disana. Tapi Anda tidak perlu khawatir, namun harus berhati-hati saat menggunakan fasilitas toilet umum. Karena disana banyak terdapat kuman yang dapat menyebabkan bermacam penyakit. Berbagai kuman seperti E.coli, salmonella, & virus lainnya dapat menyebabkan flu, gangguan pencernaan, atau sakit tenggorokan. Kuman-kuman yg terdapat pada toilet umum bisa masuk ke dalam tubuh saat kita menyentuh benda-benda yg ada di toilet tersebut. Pegangan pintu atau keran bisa jadi sarang kuman yg bisa masuk ke dalam tubuh kita. Berikut tips agar terhindar dari dampak buruk menggunakan toilet umum:

  1. Sebelum memakai kloset di toilet umum / pribadi, diharuskan untuk mem-flush (menekan air/menyiram air) sebelum memakainya. Gunanya untuk membersihkan sisa kotoran dan urine yang masih menempel pada kloset.
  2. Jangan langsung duduk jika dudukan kloset terlihat kotor atau masih basah.
  3. Bersihkan dulu dudukan kloset dengan tissue jika Anda akan menggunakan kloset duduk.
  4. Jika persediaan tissue Anda banyak, lebih baik lapisi dudukan kloset dengan tissue.
  5. Jangan menyentuh secara langsung benda-benda yg ada di toilet. Gunakan tissue utk membuka atau menekan flush di kloset.
  6. Sebelum menekan flush tutuplah kloset terlebih dahulu, Karena kuman-kuman dalam kloset dapat terbang keluar dan mengenai kita jika kloset dibiarkan terbuka saat menekan flush karena kuman-kuman dalam kloset dapat terbang keluar dan mengenai kita jika kloset dibiarkan terbuka saat menekan flush. Apabila tidak terdapat penutupnya sebaiknya Anda jauhi kloset saat menekan flush.
  7. Cucilah tangan selama 10-15 detik dengan sabun setelah selesai menggunakan kloset, dan keringkan.
  8. Bila perlu Gunakan cairan alkohol pencuci tangan tanpa pembilas setelah mengeringkan tangan. Agar tangan kita benar benar terbebas dari kuman yg bersarang di toilet.

Demikian beberapa Tips Sehat Menggunakan Toilet Umum. Semoga bermanfaat.

Menjaga Kebersihan Toilet Rumah

Kebersihan toilet sering kali terabaikan, apalagi toilet tersebut adalah toilet umum. Nah, karena memang toilet ini berkaitan erat dengan tempat pembuangan ‘limbah’, maka sanitasi toilet sering sekali terabaikan.  Mungkin dalam benak kita, untuk memperoleh sanitasi yang baik akan membutuhkan biaya yang besar sekali. Persepsi ini keliru. Biaya besar memang akan membuat toilet Anda tampak indah, tapi belum tentu sanitasinya. Baik tidaknya sanitasi pada toilet tidak bergantung pada seberapa indah toilet Anda, melainkan beberapa hal berikut ini :

  1. Ventilasi. Ini adalah hal terpenting dari toilet. Jangan biarkan toilet Anda tanpa ventilasi. Jika ternyata memang tidak berventilasi, pastikan toilet Anda memiliki exhaust fan.
  2. Bau kotoran. Bau menandakan keberadaan kuman. Escherichia coli adalah kuman pembusuk yang menimbulkan gas H2S.
  3. Bau kencing. Urine kita memiliki kandungan amoniak. Ini merupakan zat beracun dan sangat tidak baik jika terhirup, bukan saja karena aromanya yang menyengat, tapi juga amoniak sangat beracun untuk pernafasan.
  4. Sanitasi air. Pada beberapa air yang pernah sering kita temui, ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Karakteristiknya adalah muncul noda-noda seperti karat pada dinding toilet.
  5. Penggunaan cairan pembersih toilet. Jangan menggunakan cairan pembersih toilet secara berlebihan. Cara kerja cairan pembersih itu selain mengangkat noda, juga membunuh kuman. Apabila digunakan berlebihan, maka kuman pada saluran air dan septic tank akan mati. sehingga proses pembusukan kotoran akan menjadi terhambat. Akibatnya, saluran air Anda akan terhambat, cepat penuh, dan sebagainya. jadi gunakan secukupnya saja.
  6. Gunakan soda api. Cara kerja soda api adalah dengan merangsang pertumbuhan bakteri pembusuk di saluran pembuangan sehingga saluran air tetap lancar. Gunakan 1x seminggu hingga 1x sebulan.
  7. Sikatlah toilet Anda secara rutin tiap hari. Kita tidak pernah tahu kuman apa saja yang berada di Toilet. Selain itu, menyikat tiap hari akn membuat pekerjaan membersihkan menjadi ringan. Luangkan waktu Anda 3-5 menit per hari utk melakukannya. Anda bisa menggunakan sabun, detergent, dan apa saja selain cairan pembersih kimia. Kalau ada, carilah yang ramah lingkungan, tidak berbau, dan tidak merusak bakteri pembusuk di saluran air.
  8. Lumut. Jangan biarkan toilet Anda berlumut. Lumut akan menguraikan dinding toilet Anda menjadi tanah sedikit demi sedikit. Selain tempat bersarangnya kuman, lumut akan menjadikan toilet Anda tampak kotor sekali.
  9. Sumbatan. Pastikan saluran air Anda tidak tersumbat oleh benda-benda ‘aneh’ seperti sikat kamar mandi, sikat gigi, sabun, pasta gigi, shampoo, botol, batu, sendal, sepatu, dan sebagainya. Tidak ada cara untuk mengetahuinya selain membongkarnya. Jadi sebelum terjadi, pastikan benda-benda tersebut tidak tersesat masuk ke dalam lubang WC Anda.
  10. Penerangan. Jangan biarkan kamar mandi Anda dalam keadaan gelap gulita. karena hal itu sangat tidak disukai oleh pengguna kamar mandi. Tentu tidak nyaman sekali berada di dalam ruangan yang sempit nan gelap seperti itu.
  11. Gunakan air, bukan tissue, untuk membersihkan diri Anda sehabis menggunakan toilet. Tidak ada yang bisa menggantikan fungsi irigasi air dalam membersihkan. Jadi tidak akan cukup dengan menggunakan tissue, sabun, ataupun cairan pembersih lainnya.
  12. Hindari meletakkan barang-barang di ATAS lantai kamar mandi. Sebaiknya sediakanlah tempat yg menggantung di dinding KM. Jika menggunakan karpet, jangan biarkan terlalu lembah, basah, dan berbau. Segeralah diatasi. Benda-benda di atas lantai kamar mandi bisa menjadi sumber bau tak sedap.
  13. Gunakan kapur barus atau pewangi kamar mandi yang ramah lingkungan untuk menghilangkan bau yang tak sedap. Anda bisa juga menggunakan minyak aromaterapi yang baik untuk kesehatan. Semua wewangian ini tidak disukai oleh bakteri dan makhluk-makhluk pengurai lainnya (kecoa, lipan, dan sebagainya). Gunakan yang tahan lama. Tidak efektif menyemprot kamar mandi dengan wewangian.

Demikian beberapa tips Menjaga Kebersihan Toilet Rumah Anda. Semoga bermanfaat.

Mengecat Ruangan Rumah

16-Pekerjaan-Ditail-Rumah-2 copyKetika berkumpul dengan keluarga pada saat liburan atau hari raya tentu saja merupakan moment yang sangat ditunggu bagi kita dan keluarga. Dan akan lebih nyaman lagi suasanya jika rumah kita terlihat lebih indah dan kembali baru. Solusinya gampang mungkin kita hanya cukup mengecat rumah atau merubah warna dinding dengan warna yg lebih baru. Sebagai pemilik rumah yang peduli akan estetika, tentu Anda akan sering pula mengecat ulang rumah pada waktu tertentu. Seperti liburan Lebaran maupun liburan di akhir tahun maupun di hari-hari besar lainnya. Sebelum menerapkan warna berdasarkan salah satu gaya yang mencitrakan hunian Anda, Alangkah baiknya jika Anda mengetahui media yang dapat membantu menciptakannya. Salah satu media praktis untuk menghadirkan warna adalah dengan cara mengecat. Banyak orang yang menganggap mengecat rumah sebagai pekerjaan yang mudah. Tidak seperti yang Anda bayangkan . Mengecat tembok rumah ternyata ada aturannya. Aturan ini harus dilaksanakan jika Anda menginginkan hasil pengecatan yang maksimal.

Berikut mimin berikan beberapa tips dalam mengecat ruangan rumah Anda tercinta:

  1. Perhatikan jenis cat yang akan anda beli . Eksterior atau Interior. Cat eksterior cenderung lbh mahal , karena memiliki kadar akrilik yg tinggi sehingga tahan terhadap perubahan cuaca. Demikian juga dengan cat kayu atau cat besi, dan perhatikan juga jenisnya. Untuk cat-cat tertentu keringnya cukup lama sehingga sangat beresiko gagal karena tersenggol atau terkena debu.
  2. Pilih jenis cat yang kualitasnya sudah jelas. Beberapa cat yang murah sulit diaplikasikan, Berdaya tahan rendah dan tidak mampu menutupi permukaan dengan baik.
  3. Belilah jumlah cat yang cukup agar hasilnya tidak belang, supaya hasilnya tidak kurang dan akhirnya malah menjadi belang.
  4. Simpanlah sisa cat dengan benar, dan di dalam tempat yang tertutup rapat. Cadangan sisa cat ini dapat digunakan ketika terjadi kerusakan-kerusakan kecil pada warna dinding, misalnya ketika mengelupas.
  5. Selalu ratakan dan bersihkan permukaan dinding sebelum mengecat, agar hasil yang didapatkan maksimal dan lebih halus.
  6. Gunakan kuas atau roller cat berkualitas baik. Selain hasilnya lebih memuaskan, jangka waktu pemakaiannya juga tahan lama
  7. Bersihkan peralatan cat yang telah anda pakai . Siapa tahu anda akan menggunakannya kembali, dan jangan ditunda. Jika cat sudah mengering, akan sulit dibersihkan sehingga terkadang anda harus membeli alat yg baru jika ingin mengecat lagi.

Demikian beberapa tips untuk mengecat ruangan rumah Anda agar terlihat lebih indah dan menarik. Semoga bermanfaat